SELAMAT DATANG DI IPAS ONLINE *** MEDIA KOMUNIKASI ANEUK NANGGROE *** "TINGGALKAN PESAN PADA HALAMAN INI " IKATAN PELAJAR ACEH SEMARANG (IPAS): SBY Akan Berikan Perhatian Khusus untuk Aceh

IPAS LOGO

Minggu, 12 Juli 2009

SBY Akan Berikan Perhatian Khusus untuk Aceh

Kemenangan pasangan capres SBY-Boediono di Aceh yang berdasarkan hasil perhitungan cepat mencapai 93 persen, diyakini akan menjadi jembatan emas untuk pembangunan daerah ini lebih baik ke depan. Ketua Tim Kampanye Daerah (Kamda) Aceh untuk pasangan Capres-Cawapres SBY/Boediono, Nova Iriansyah mengatakan, SBY akan memberikan perhatian khusus untuk Aceh.

“Perolehan 93 persen suara untuk Capres SBY di Aceh, membedakan daerah ini dengan daerah lain. Sehingga Pak SBY akan memberikan perhatian khusus untuk Aceh,” katanya menjawab Serambi Sabtu (11/7). Nova dimintai komentarnya terkait adanya kekhawatiran sejumlah pihak bahwa kemenangan besar untuk pasangan SBY-Boediono di Aceh akan berdampak pada melemahnya nilai tawar Aceh secara politis terhadap Pemerintah Pusat.

Menanggapi hal ini, Nova Iriansyah yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Aceh mengatakan, keraguan hanya sebatas tiori dan semua pihak boleh saja menganalisis situasi ke depan. Tapi bagi Nova, kemenangan ini malah akan membuat SBY memberikan perhatian khusus bagi Aceh. “Katakanlah calon lain yang menang (di Aceh dan nasional) apakah bisa menjamin sehingga bergaining Aceh bisa kuat,” ujarnya.

Anggota DPRRI terpilih dari Aceh hasil Pemilu Legislatif 2009 ini menambahkan, besarnya angka kemenangan di Aceh, menunjukkan rakyat Aceh secara total memercayakan kelanjutan perdamaian dan pembangunan pada SBY. “Angka ini yang membedakan serta garansi bagi kita. Kita memberikan garansi bagi pembangunan Aceh yang tidak sama dengan daerah lain. Kita akan mengawal pembangunan Aceh,” tukas Nova. Terhadap adanya kekhawatiran terhadap bakal lambannya kelahiran aturan dari penjabaran UU-PA, Nova menilainya sangat berlebihan. Ia yakin hal itu tidak akan terjadi, karena anggota legislatif dari Partai Demokrat dan partai lain yang duduk di senayan akan mengawal proses ini.
Bukan ganjalan
Sikap optimis juga diutarakan Ketua Gerakan Masyarakat Partisipatif (GeMPAR) Aceh, Auzir Fahlevi SH. Ia mengatakan, kemenangan SBY di Aceh tidak menjadi ganjalan dalam merumuskan berbagai kebijakan Pemerintah Pusat. Terutama terkait kepentingan dan kebutuhan rakyat dalam ruang lingkup MoU Helnsiki, pembangunan, keamanan, dan pelaksanaan UUPA secara optimal.

Auzir mengajak semua pihak mengenyampingkan wacana politis yang tidak ada kaitan dengan aspek penguatan perdamaian dan pembangunan berkelanjutan di Aceh. Kemenangan SBY di Aceh, kata Auzir, sudah menjadi pilihan rakyat dan tidak boleh dianggap sebagai bentuk kegagalan bagi komponen Aceh ke depan, terutama dalam melakukan pendekatan terkait kepentingan pada pemerintah pusat.

GeMPAR mengakui bahwa ada beberapa hal yang sampai saat ini belum diselesaikan dengan sempurna. Seperti pasal-pasal dalam UUPA, KKR, dan proses reintegrasi. Tetapi, kata Auzir, semua tidak hanya berkaitan pada tugas presiden semata-mata, tetapi berkaitan dengan fungsi dan tugas pihak perlemen baru baik di DPRA, DPR/RI, serta DPRK.

Comments :

0 komentar to “SBY Akan Berikan Perhatian Khusus untuk Aceh”


Posting Komentar