SELAMAT DATANG DI IPAS ONLINE *** MEDIA KOMUNIKASI ANEUK NANGGROE *** "TINGGALKAN PESAN PADA HALAMAN INI " IKATAN PELAJAR ACEH SEMARANG (IPAS): Hasil Sementara Pilpres di NAD

IPAS LOGO

Rabu, 08 Juli 2009

Hasil Sementara Pilpres di NAD

Banda Aceh -Pasangan capres dan cawapres Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) – Boediono dengan no urut dua unggul dengan perolehan suara 599,277 (92,93 persen) di Aceh berdasarkan hasil sementara penghitungan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 pada Rabu (8/7), pukul 17.00 WIB.

Suara tersebut berdasarkan 644.849 suara (21,4 persen) suara yang masuk dari 14 kabupaten di Aceh “Ini hasil sementara yang kita dapatkan dari penghitungan kecamatan di 14 kabupaten/kota melalui hubungan telpon dan sms,”Kata Wakil KIP Aceh Ilham Saputra.
Sementara itu pasangan Jusuf Kalla-Wiranto dengan nomor urut tiga memperoleh suara sebanyak 30.431 (4,72 persen) disusul pasangan nomor urut satu, Megawati Soekarnoputri-Prabowo dengan perolehan suara sebanyak 15.141 (2,35 persen). Ilham mengatakan, pihaknya akan terus memberikan informasi hasil penghitungan sementara untuk Aceh setiap harinya untuk menjawab rasa ingin tahu masyarakat terhadap perolehan suara pilpres. Namun secara resminya akan kita lakukan saat jadwal rekapitulasi suara di KIP Aceh, Kata Ilham.

Keempatbelas kabupaten/kota yang telah memberikan hasil sementara penghitungan suara Pilpres tersebut adalah Abdya, Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Nagan Raya, Pidie, Banda Aceh, Lhokseumawe dan Subulussalam.

Secara umum pilpres di Aceh berjalan lancar dan aman. Ilham mengatakan tidak ada laporan surat suara tidak cukup atau rusuh dari kabupaten/kota. Dia mengatakan dari 3.008.235 pemilih yang masuk DPT Aceh, 70-80 persen menggunakan hak pilihnya dan tingkat kesalahan pada saat memberi tanda di surat suara Pilpres hanya berkisa 4-5 persen. ”Itu berdasarkan pantauan saya di Aceh Besar hanya 4-5 persen persen saja suara tidak sah. Kita tidak mengklaim sosialisasi kita berhasil disini, namun setidaknya ini membuktikan masyarakat sudah cukup mengerti bagaimana mencontreng yang benar,” kata Ilham.

Ketua divisi Sosialisasi KIP Aceh Akmal Abzal mengatakan dari hasil pantauannya di lapangan, minim masyarakat yang menggunakan KTP untuk memilih. Dia mengatakan, dirinya mendapatkan laporan bahwa ada sekelompok pekerja mendatangi TPS di desa Lampineung dan Lueng Bata untuk memilih menggunakan KTP.

Namun karena KTP mereka berasal dari luar Aceh, maka pihak KPPS setempat menolak dengan hormat. ”Penolakan itu dibenarkan secara aturan, karena berdasarkan keputusan MK, pemilih yang tidak terdaftar di DPT bisa memilih di TPS yang berada di RT/RW sesuai dengan alamat KTP serta membawa KK

Comments :

0 komentar to “Hasil Sementara Pilpres di NAD”


Posting Komentar