SELAMAT DATANG DI IPAS ONLINE *** MEDIA KOMUNIKASI ANEUK NANGGROE *** "TINGGALKAN PESAN PADA HALAMAN INI " IKATAN PELAJAR ACEH SEMARANG (IPAS): Aceh Poros Peradaban Islam

IPAS LOGO

Senin, 10 Agustus 2009

Aceh Poros Peradaban Islam

Aceh merupakan poros utama peradaban Islam di Indonesia. Buktinya, banyak karya intelektual dari sini tersebar ke berbagai daerah di nusantara serta berbagai penjuru dunia. Identitas Aceh sebagai poros utama tradisi intelektual Islam Indonesia terletak pada kebesaran ulamanya. Karya ulama Aceh disusun dalam database naskah Islam Indonesia. Salah satu karya intelektual yang menyebarkan tradisi peradaban Islam yakni Tarekat Syattariyah. Tarekat dimaksud disusun ulama Aceh oleh Syaikh Abd al-Ra’uf ibn Ali al-Jawi al-Fansuri (1615-1693), atau lebih dikenal dengan Abdurrauf al-Singkili atau Syiah Kuala. Tarekat Syattariyah itu kemudian menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia.
Penyebarannya dilakukan dua murid utama Syaikh al-Singkili yaitu, Syaikh Burhan al-Din Ulakan dari Minangkabau dan Syaikh Abd al-Musyi dari Pamijahan, Jawa Barat. Tarekat ini berupa kumpulan naskah kuno. Sebagian tersimpan cukup baik di lembaga-lembaga. Tapi, sebagian lagi tercecer tanpa perawatan di tangan masyarakat. “Karya-karya ulama Aceh masa lalu tersebut saat kini terabadikan dalam naskah kuno tulisan tangan. Karena dimakan usia, naskah kuno itu telah berubah menjadi benda cagar budaya bangsa Indonesia.

Comments :

1

Jinoe ta jaga budaya tanyoe, bek sampoe gado..Aceh Jaya!!!

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar